Penyebab Masalah Diare

Penyebab masalah diare salah satunya adalah karena virus. Penyakit diare ini merupakan plesetan dari bahasa kedokteran diarrhea. Hingga kini diare menjadi child killer (pembunuh anak-anak) peringkat pertama di Indonesia. Definisi diarrhea adalah buang air encer lebih dari empat kali sehari, baik disertai lendir dan darah ataupun tidak.

Penyebab Penyakit Diare

Penyebab masalah diare sangat kejam, tidak perduli ibu menangis karena bailtanya terkapar dan meninggal dunia akibat ulahnya.  Di dalam lambung manusia terdapat cairan asam yang mempunyai mekanisme menghancurkan setiap kuman. Cairan tersebut dinamakan asam lambung. Di dalam asam lambung terdapat enzim bernama ptyalin yang berguna untuk menghancurkan dan mengubahnya menjadi glukosa yang dibutuhkan tubuh sebagai energy. Enzim  merupakan suatu protein dan bekerja sebagai katalisator, mempercepat berlangsunya suatu rekasi kimia. Di dalam tubuhy, jumlah enzim hanya sedikit terapi kemampuannya luar  biasa. Bekerjanya sangat khas yaitu hanya mau bekerja dilingkungan yang tepat. Enzim hanya mau bekerja secara efektif  pada suhu optimal 40 derajat celcius dan pH asam.

Enzim tidak akan bermetabolisme dengan baik jika suhu mencapai 50 derajat celcius. Sebaliknya, dalam suhu yang terlalu rendahpun, enzim enggan bekerja. Bagaimana enzim bekerha? Makanan dan minuman masuk ke dalam mulutl. Dalam perjalanannya ke usus, makanan diproses oleh enzim ptyalin. Amilum (bentuk makanan di dalam lambung) oleh enzim ini diubah menjadi bentuk sederhana dan sebagian berhasil diubah menjadi glukosa yang sudah diserap usus. Makanan berupa lemak (jeroan) dan protein (ikan) diteruskan ke bagian pencernaan. Pencernaan memiliki mekanisme metabolism dan cara yang ampuh untuk menghancurkan makanan sekaligus menangkal kuman atau bakteri yang menyerang lambung. Dalam kondisi normal, segala macam kuman dapat dibunuh atau dikeluarkan tubuh lewat tinja. Namun pada kondisi tuuh menurun, kuman tidak bisa dilumpuhkan, dan betah tinggal di dalam lambung. Jika terjadi hal demikian, akan timbul berbagai macam penyakit termasuk diare.  Penyebab masalah diare biasanya adalah karena penyakit, tumbuhnya gigi, kepekaan terhadap suatu makanan di dalam diet.

Gejala Dari Penyakit Diare

Di dalam tubuh terdapat jenis kuman yang jika tubuh dalam keadaan sehat bersifat kongensal (diam). Namun ketika tubuh sakit atau lemah kondisinya, kuman akan menjadi patogen, menimbulkan berbagai gangguan salah satunya ada;lah penyebab masalah diare. Dalam keadaan biasa, makanan dari usus halus yang masuk ke dalam usus besar tidak menimbulkan masalah karena ada kelep yang menghalanginya kembalinya kuman dari usus besar ke dalam usus halus. Namun, jika kelepnya rusak, berbagai macam kuman patogen akan masuk, seperti Escheriscia-coli atau jenis vibrio sebagai penyebab muntaber, mencret yang disertai gejala muntah-muntah.

Gejala dari penyakit ini yang biasa dirasakan oleh penderitanya adalah : muntah, badan yang lesu dan lemah, panas, tidak nafsu makan, dan juga darah serta lendir yang bercampur dengan kotoran yang penderita keluarkan selama mengalami penyebab masalah diare. Rasa mual dan muntah yang dirasakan dapat mendahului diare yang disebabkan dari infeksi virus. Infeksi ini terjadi secara tiba-tiba yang dapat menjadi salah satu penyebab dari penyakit diare, muntah, tinja berdarah, demam, serta pemurunan nafsu makan yang anda alami.

Selain itu dapat pula mengalami sakit perut dan kejang perut, serta gejala-gejala lainya seperti misalnya agak demam, nyeri otot atau kejang, dan juga sakit kepala. Gangguan bakteri dan parasit juga kadang-kadang dapat menjadi penyebab masalah diare yang ada di dalam tubuh anda yang menyebabkan tinja mengandung darah atau demam yang tinggi.

Pengobatan Penyebab Masalah Diare

Belum ada obat yang ampuh untuk memnbunuh kuman ini hanya daya tahan tubuh yang dapat menolaknya. Jika terjadi diare harus dilakukan pencegahan dehidrasi. Obat antibiotic yang diberikann dokter hanya bersifat menekan umur atau melemahkan kuman. Kuman lain nerupa salmonella meripakan kuman tifus yang menimbulkan gejala panas tinggi kurang lebih 1 minggu. Demamnya sangat spesifik. Pada sore atau malam hari suhu tubuh penderita menjadi tinggi, siang harinya suhu turun. Penderita tifus pada stadium lanjut sebaiknya harus dirawat dirumah sakit agar memperoleh perawatan yang intensif. Jika dibiarkan anak yang menderita tifys stadium lanjut dapat meninggal.

Selain dengan menggunakan obat anti biotik, anda juga dapat memberikan penderita dengan pengobatan herbal yang dapat anda olah dan anda buat sendiri dirumah.

Pengobatan herbal yang dapat anda berikan untuk penyembuhan penyebab masalah diare ini adalah :

Ramuan 1. Obat diare

Siapkan lima belas gram daun salam dan satu gelas air. Cara pembuatan ramuan dengan bahan tersebut adalah dengan mencuci bahan hingga bersih. Rebus daun salam dengan menggunakan satu gelas air bersih dan tunggu hingga mendidih selama lima belas menit. Masukkan sedikit garam kedalamnya. Lalu biarkan hingga dingin, lalu disaring. Air tersebut bisa langsung diminum.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Diare Untuk Membantu Mengatasi Diare, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Diare and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *