Penyebab Diare

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya diare, seperti faktor lingkungan gizi, kependudukan, dan pendidikan sosial ekonomi, dan perilaku masyarakat. Sedangkan penyebab diare sendiri adalah peradangan usus yang disebabkan oleh beberapa sebab, yaitu :

  1. Bakteri, virus, parasit (jamur, cacing, dan protozoa)
  2. Keracunan makanan/minuman yang disebabkan oleh bakteri maupun kimia
  3. Kurang gizi
  4. Alergi terhadap susu
  5. Hilangnya kekebalan tubuh

Selain 5 hal diatas, yang ikut menjadi penyebab terjadinya penyakit diare adalah parasit (giardiasis) dan GE (flu perut). Anak yang sedang terapi dengan pemakaian antibiotik pun dapat menyebabkan terjadinya diare. Maka, apabila diare terjadi saat anak sedang dalam pengobatan antibiotik segera hubungi dokter.

Orang yang alergi susu pun bisa terserang diare. Diare biasanya timbul beberapa menit atau jam setelah minum susu, biasanya pada alergi susu sapi dan produk-produk yang terbuat dari susu sapi. Infeksi dari bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain pun demikian, misalnya infeksi saluran kencing, infeksi telinga, campak, dan lain-lain.

Diare juga bisa muncul akibat tangan yang kotor dan dapat pula karena tertular dari binatang peliharaan, dan kontak langsung dengan feses atau marterial yang menyebabkan diare. Namun demikian, disamping beberapa faktor yang menjadi penyebab diare diatas, sebenarnya ada beberapa hal lagi yang menjadi faktor utama dari terjadinya diare, yaitu :

  1. Gizi yang buruk. Keadaan in melemahkan kondisi tubuh penderita sehingga timbulnya diare akibat penyakit lain menjadi sering dan semakin parah.
  2. Ketidakmampuan alat pencernaan seorang bayi untuk memproses susu dapat menyebabkan ia mengalami diare.
  3. Seorang bayi yang tidak mampu mencerna makanan yang baru dan belum dikenali.
  4. Akibat alergi pada makanan tertentu.
  5. Penggunaan obat-obatan tertentu yang tidak dapat diterima oleh jaringan tubuh akan menyebabkan penyakit sampingan berupa diare.
  6. Infeksi dalam perut yang disebabkan virus, cacing, atau bakteri.
  7. Terlalu banyak makan buah mentah atau makanan berlemak
  8. Keracunan makanan

=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Diare Untuk Membantu Mengatasi Diare, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Diare and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>